Jelajah Lampung Bagian 4: Island Hopping Pahawang-Pulau Pahawang Kecil dan Pulau Kelagian Lunik

Snorkeling Spot 2
Spot snorkeling 2 ini berada tidak terlalu jauh dari Spot 1. Di lokasi ini juga banyak kita temukan ikan hias meskipun tidak sebanyak di spot 1 namun tetap banyak hahaha. Di sini air lautnya juga tenang dan hampir tidak berarus sehingga kami tidak terbawa-bawa arus dan menjadi kita tidak terlalu capek berenang. 
Snorkeling spot 2
Meskipun di sini air nya tidak sejernih spot 1 namun di sini banyak kita temukan properti yang di taruh oleh penggiat wisata misalnya vespa tua. Di vespa tua ini kita bisa berfoto namun tentu saja kita herus menyelam, duduk di vespa dan menahan nafas. “Kakak, aku tgak bisa berenang apalagi menyelam.... “ ya udah ya salam.... hahahha. Namun di sini ada ikan yang tidak suka di ganggu teritori nya jadi siap-siap aja di di gigit-gigit manja…
Snorkeling spot 2

Di sini juga ada patung-patung ikan dan tulisan-tulisan/landmark yang membuat kita betah menyelam dan snorkeling di sini. Kedalam air di spot ini sekitar 2-5m. buat kalian yang tidak bisa berenang jangan lupa pakai life vest dan buat yang ingin free dive maka life vest nya harus di lepas.

Pulau Pahawang Kecil
Pulau Pahawang Kecil ini berada tidak jauh dari Pahawang Besar hanya di pisahkan oleh celah sempit. Pulau ini kita lewati ketika ke Pahawang Besar dan ini tidak bisa kita lewati ketika pasang surut. Jadi untuk ke sini kami harus melewati sisi lain dari pulau ini. Pulau ini tidak berpenghuni tapi ada beberapa saung yang menjual kelapa muda. Karena tidak berpenghuni jadi jangan harap ada toilet atau ruang ganti buat kalian yang mau berenag atau bermain air di sini.
Aerial view Pulau Pahawang Kecil
Aerial view Pulau Pahawang Kecil
Mendarat di pantai yang airnya sedang surut, kami langsung menuju salah satu saung karena siang itu sangat panas hehehhe. Di sini kami menerbangkan drone untuk melihat keindahan pasir timbul dari atas. Terlihat pasir putih yang luas yang tadinya tidak terlihat ketika kami lewat. Air laut di selat antara Pahawang Besar dan Pahawang Kecil menjadi seperti danau yang berair hijau tosca, tenang dan tidak ada ombaknya. Juga terlihat sisi lain dari Pulau Pahawang Besar dan juga terlihat ternyata ada persawahan di Pahawang Besar yang berada di salah satu kaki bukit. 
Bermain air di pasir timbul Pulau Pahawang Kecil
Bermain air di pasir timbul Pulau Pahawang Kecil
Tidak ada alasan untuk tidak berenang di pulau ini karena tidak sanggup melawan godaan lautnya. Pasir yang putih bersih tak ada sampah, laut tenang dan tidak berombak dan air laut yang sejuk segar. Di tambah lagi dengan kelapa muda menutup kegiatan di pulau ini.

Pulau Kelagian Lunik/Kecil
Sama seperti Pulau Pahawang Besar yang di dampingi oleh Pulau Pahawang kecil maka Pulau Kelagian Besar juga punya Pulau Kelagian Kecil (Lunik). Pulau ini kita lewati pertama kali ketika berangkat dari Pantai Sari Ringgung. Berhadapan dengan Pulau Kelagian Besar namun kebanyakan pengunjung mampir di sini termasuk kami.

Mendarat di pulau kecil ini, pulau dengan pasir putih dan berombak tenang. Di pulau ini terdapat gubuk yang dihuni sepasang suami istri yang berjualan makanan kecil dan minuman ringan. Tapi mereka bolak-balik ke pulau ini karena tidak menginap. Berada di pulau ini begitu menyenangkan karena sepinya pengunjung. Awalnya cuman kapal kami yang erapat namun ada satu kapal lagi yang sepertinya sedang membuat video. Aktifitas mereka selain menyelam juga berkemah. Jadi buat kalian yang mau berkemah di sini dipersilahkan hanya saja tidak ada sumber air bersih di sini karena pulaunya sangat kecil. Untuk masuk ke sini biaya parkir kapal Rp. 20.000 sama seperti di Pulau Pahawang Besar.
Pulau Kelagian Kecil dengan view Pulau Kelagian Besar
Pulau Kelagian Kecil dengan view Pulau Kelagian Besar
Karena ini adalah spot terakhir jadi kami menghabiskan banyak waktu di sini. Selain berfoto di pasir putih juga berenang di lautnya yang tenang dengan view Pulau Kelagian Besar. Sore sekitar jam 3 kami kembali ke Pantai Sari Ringgung lanjut ke penginapan dan bersiap untuk perjalanan besok ke Teluk Kiluan.
Bermain air di Pulau Kelagian Kecil
Bermain air di Pulau Kelagian Kecil

Baca juga link terkait:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selabintana Juga Punya Curug Cibeureum..... !!!

Wisata Tenjolaya-Bogor Part X: Curug Ciseeng

Eksplor Solok Selatan Bagian 4: Kebun Teh Alahan Panjang, Mesjid Tuo Kayu Jao dan Danau Di Ateh (Danau Kembar)