Eksplor Sukabumi dan Cianjur Selatan Bagian 1: Curug Pareang dan Curug Cikopi

Selasa, 7 Juli 2020

Trip kali ini kami akan menjelajah lebih jauh Sukabumi. Karena masa-masa pandemi sekarang ini tidak memungkinkan liburan jauh-jauh keluar kota maka kami memilih Sukabumi karena berjarak paling dekat dengan Bogor atau setidaknya masih di Jawa Barat. Jalur yang kmai pilih adalah mlai dari Jampang kemudian ke pesisir pantai Sukabumi hingga Cianjur Selatan dan pulang kembali ke Bogor via Cianjur kota dan Puncak. Selama 3 hari 2 malam ini saya ditemani Jay, Erlan dan Revan dengan menggunakan 2 motor.

Curug Pareang

Titik pertama yang kami tuju adalah Curug Pareang karena curug ini berada tidak terlalu jauh dari kota Sukabumi, sekitar 1 jam perjalanan. Dari Bogor kami berangkat sekitar jam 5.30 pagi. Mengandalkan Maps, mengikuti jalur ke arah Sukabumi via Tajur, Jalan Raya Ciawi-Sukabumi yang terdapat beberapa titik macet karena adanya pabrik dan pasar (Pasar Cidahu, Pasar Cibadak etc). Kondisi jalan lumayan bagus. Dulu Jampang Tengah terkenal karena kondisi jalannya yang sangat jelek namun sekarang sudah beraspal mulus. Tidak terlalu sulit mencari lokasi desa Singdangresmi karena nanti kita akan menemukan gapura. 

Gapura desa Sindangresmi

Sekitar jam 8.15 kami sampai di parkiran Curug Pareang. Untuk tiket masuk tidak terlalu mahal cuman Rp. 3.000/orang dan parkir Rp. 5.000/orang. Di parkiran ini ada warung dan toilet. dari parkiran kita jalan kaki melewati jalan makadam yang cukup lebar sejauh kira-kira 500m. Kondisi jalan menurun atau naik ketika pulang tapi tidak terlalu menguras tenaga apalagi suasananya yang asri.

Sampai di parkiran curug

Sampai di lembah nanti kita bertemu dengan jembatan kecil, sebelum jembatan ini di sebelah kanan ada curug tersembunyi yaitu Curug Cikopi yang kami ketahui kemudian. Di bawah jembatan ini mengalir sungai kecil yang airnya terlihat bersih, berbeda dengan aliran sungai dari Curug Pareang yang cenderung kecoklatan. Kedua sungai ini bertemu tidak beberapa jauh dari jembatan. 

Suasana perjalanan menuju curug

Curug Pareang pada saat kami datang, airnya tidak terlalu besar karena mulai memasuki puncak musim kemarau. Yang menakjubkan dari curug ini adalah tebing sungai tempat jatuhnya curug ini. Tebing batu in banyak kita temukan di curug-curug di Sukabumi, ini dikarenakan Sukabumi mempunyai sejarah geologi yang sangat tua. Bebatuan di Sukabumi banyak menjadi objek penelitian para geologist ataupun mahasiswa geologi apalagi bebatuan di kawasan Ciletuh-Pelabuhan Ratu Geopark. Dengan ketinggian dan lebar curug ini melebihi 50 meter akan sangat menakjubkan kalau kami datang saat musim hujan. 

Curug Pareang

Curug Pareang

Untung di sebelah kiri curug masih menyisakan aliran yang lumayan besar sehingga kita bisa mengambil foto di sini dibanding bagian tengah dan kanan curug. Bukan saja curug nya yang menakjubkan, lokasi sekitar curug sangat asri dan adem sehingga bisa buat liburan keluarga ditambah adanya warung0warung dan toilet. Buat kalian yang mau berkemah di sini juga recommended asal bawa peralatan berkemah sendiri karena di sini tidak ada penyewaan.

Usai mengambil foto kami berencana melanjutkan perjalanan namun bertemu dengan 2 anak kecil dan mendapat info bahwa ada curug di sekitar sini namanya Curug Cikopi.

Curug Cikopi

Di temani 2 bocah yang kami temui diperjalanan pulang, gak jauh dari jembatan kecil, sekitar 50m dari Curug Pareang ternyata ada curug tersembunyi. Memasuki hutan menapaki jalan setapak sekitar 50m kami menemukan curug tersembunyi ini. Cukup ngasih Rp. 10.000 masing-masing anak, mereka sudah sangat senang meninggalkan kami hehehhe. Untuk ke curug ini kita harus menuruni tebing setinggi sekitar 5m. Lumayan licin dan harus berpegangan dengan akar pohon. 

Curug Cikopi
Curug Cikopi

Walaupun kecil dan cuman belasan meter namun yang menarik adalah kolamnya yang berwarna kebiruan dan bening. Tebing dan warna air curug ini mengingatkan saya sama curug-curug yang ada di Jogja seperti Grojogan Kembang Soka, Sungai Mudal dan Grojogan Sewu. Karena perjalanan masih jauh dan mulai siang kami tidak berbasah-basahan di sini hanya mengambil beberapa foto. Selanjutnya kembali ke parkiran dan menuju Curug Cikurutug yang masih di Jampang Tengah.

Info:

Nama                                      : Curug Pareang dan Curug Cikopi

Alamat:                                   : Desa Sindangresmi-Jampang Tengah-Sukabumi

Biaya                                       : HTM Rp. 3.000, parkir Rp. 5.000/motor

Kata kunci Google Maps        : Curug Pareang

Baca juga link terkait:

- Curug Banteng

- Curug Cirajeg

- Curug Cikurutug

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selabintana Juga Punya Curug Cibeureum..... !!!

Wisata Tenjolaya-Bogor Part X: Curug Ciseeng

Eksplor Solok Selatan Bagian 4: Kebun Teh Alahan Panjang, Mesjid Tuo Kayu Jao dan Danau Di Ateh (Danau Kembar)