Jelajah Malang-Lumajang: Coban Kaca dan Coban Rais

Malam kedua di Songgoriti-Malang.
Malam ini saya hanya istirahat di kamar sementara Revan dan Noey jalan-jalan ke Alun-alun Batu yang tidak jauh jaraknya dari penginapan. Jadwal besok adalah ke Rais dan siangnya perjalanan menuju Probolinggo (Air Terjun Madakaripura).
Sekitar jam 7 pagi kami sudah checkout dan berangkat menuju Coban Rais. Coban ini berjarak 10 km lebih dari penginapan tapi ke arah Malang kota dan Probolinggo. Coban Rais berada di satu kawasan dengan Batu Flower Garden, salah satu wana wisata yang menjadi andalan kota Batu. Jadi, di jamin kalau  ke sini gak bakalan nyasar!.
Gerbang Coban Rais
Sampai di parkiran motor, kami bayar Rp. 5.000, dan menurut juru parkir untuk ke Coban Rais bisa menggunakan ojeg Rp. 25.000 sekali jalan dan ada Coban Kaca (baru dibuka) yang berada di atas Coban Rais dengan tarif Rp. 70.000 PP. Meninggalkan barang-barang di motor kemudian berjalan sekitar 100m dan bertemu pangkalan ojeg. Setelah mendapatkan penjelasan panjang lebar akhirnya kami sepakat  ke Coban Kaca dengan tarif Rp. 70.000 PP. Perjalanan ke Coban Kaca mempunyai trek sepanjang kira-kira 6km.
Awal perjalanan kami melewati jalan licin di rumput dan semak-semak menyusuri kaki Gunung Panderman yang dari jauh terlihat puncaknya. Keluar dari semak-semak kemudian memasuki jalur gunung yang berupa jalan setapak hanya saja dipakai buat motor. Agak-agak mirip dengan jalur ke Curug Penganten dan Curug Lalay di Gunung Sanggabuana.
Jalur menuju Coban Kaca
Kondisi jalan yg ekstrim
Menyusuri pinggang bukit, di sebelah kiri terlihat jurang yang sangat dalam. Dengan kondisi jalan yang licin, yang kalau hujan jalur ini tidak boleh dilalui, si Bapak ojeg berpesan kalau di beberapa titik dipersilahkan untuk turun karena kondisi yang sangat ekstrim. Memutari bukit hingga sampai di satu titik yang membuat saya harus turun kemudian dilanjutkan hingga sampai di dekat Coban Kaca tingkat 2.
Setelah turun ojeg, kami jalan sekitar 50m ke Coban Kaca tingkat 2. Coban ini tidak terllau tinggi hanya sekitar 4-5m tapi airnya sangat jernih dan dingin. Air Coban Kaca ini mengalir memasuki hutan lindung hingga sampai ke Coban Rais yang ada di bawah.
Coban Kaca tingkat 2
Berjalan ke atas sekitar 100m kami sampai di Coban Kaca tingkat 1 yang merupakan coban utama. Coban ini memunyai ketinggian sekitar 30-40m, debit air tidak terlalu besar meskipun begitu air nya sangat jernih dan dingin karena berada di hulu sungai. Suasananya masih sangat asri, dikelilingi oleh hutan perawan.
Coban Kaca tingkat 1
Setelah mengambil foto-foto kami melanjutkan perjalanan dan janjian dengan Bapak Ojeg untuk diantar ke gerbang Coban Rais. Melewati Batu Flower Garden dan berenti gerbang Coban Rais. Di loket kita bayar Rp. 10.000. Dan dekat loket terdapat 2 jalur, yang kiri arah bawah/lembah merupakan jalur khusus ojeg yang biayanya Rp. 25.000 sekali jalan.
Batu Flower Garden
Salah satu spot di Batu Flower Garden
Untuk pejalan kaki kita mengambil jalur kanan menyusuri saluran irigasi dan pipa-pipa air. Karena sudah memasuki kawasan hutan lindung, kita akan disuguhi pemandangan hijau dari pepohonan dan suara-suara makluk hutan seperti serangga dan burung-burung. Jalur menuju coban ini tidak ekstrim, landai namun lumayan jauh, dan tidak kami prediksi sebelumnya.
Salah satu spot menuju Coban Rais
Terus mengikuti jalur pipa air yang terlihat sangat banyak, yang menguras air dari hulu sungai sehingga terisisa sedikit yang mengalir di sungai. Juga terlihat bak-bak penampungan air di sepanjang jalur ke coban. Sekitar 45 menit berjalan sampailah di sebuah warung yang sekaligus tempat pangkalan ojeg. Di belakang warung terdapat aliran sungai dan coban kecil. Kemudian kita berjalan menaiki bukit yang tidak terlalu inggi hingga terlihat Coban Rais di kejauhan, karena coban ini memang sangat tinggi dan cukup membuat saya agak tekejut karena di luar dugaan tingginya.
Tingginya Coban Rais dilihat dari kejauhan
Coban Rais
Tidak terlihat banyak pengunjung ke sini. Bisa dihitung dengan jari. Dari jauh coban ini bisa diprediksi mempunyai ketinggian sekitar 80 atau lebih, tapi saya perkirakan bisa sampai 100m. Di kelilingi tebing-tebing curam dan pepohonan yang membuat rindang. Hanya saja, di saung tempat pengunjung beristirahat banyak sekali sampah menumpuk sampai berserakan kemana-mana.
Tak beberapa lama kemudian datang rombongan anak-anak muda dan kami pun memutuskan kembali. Berjalan sampai warung, istirahat sejenak dan Noey melanjutkan ke parkiran menggunakan ojeg saya dan Revan berjalan kaki. Di parkiran, kami istirahat makan siang, persiapan buat ke Probolinggo.

Baca juga link terkait:

- Tumpak Sewu/Coban Sewu dan Coban Ciblungan (kunjungan kedua)