Eksplor Sukabumi dan Cianjur Selatan Bagian 2: Curug Cikurutug

 

Dari Curug Pareang kami melanjutkan perjalanan ke Curug Cikurutug yang berjarak sekitar 13km. meskipun di Maps bisa ditempuh dengan motor sekitar 45 menit namun kenyataannya lebih lama karena kondisi jalannya yang sangat jelek.

 Curug Cikurutug

Dari jalan raya (Bojonglopang) ke arah parkiran curug ini masih sekitar 6-7km dengan kondisi jalan kecil dan jelek, sangat direkomendasikan menggunakan motor. Untung saja pemandangan alamnya cantik, berupa persawahan dan perbukitan hijau. Nanti ada pertigaan ke arah parkiran berjarak sekitar 2km berupa jalan tanah. Hingga sampai di gerbang yang dijaga oleh anak-anak setempat, biaya masuk Rp. 5.000/motor.

Kondisi jalan
Kondisi jalan
Kondisi jalan

Memasuki gerbang, kita akan memasuki suasana yang asri, perbukitan dengan pepohonan pinus. Mirip-mirip pemandangan di Pabangbon-Bogor. Dari gerbang ke arah parkiran berjarak kurang dari 1km. Areanya berupa puncak bukit yang lumayan luas, dikiri kanannya berupa lembah hijau yang didominasi oleh persawahan. Sampai di parkiran, di sini kita sudah bisa melihat Curug Cikurutug dari atas bukit yang berada di sisi sebelah kanan. Terdapat properti untuk kalia yang suka berfoto selfie dengan latar curug dan hamparan hijau persawahan. Hanya saja, karena hari Selasa, jadi pengunjungnya sangat sepi dan tidak ada yang berjualan makanan.

Curug Cikurutug dari atas
Spot foto
Tempat yang ngadem buat beristirahat

Untuk mendekati curug kita harus melewati jalan setapak menyusuri pinggir bukit , jalan tanah, kecil, yang rawan longsor sementara tebingnya lumayan tinggi. Menuruni bukit dan melewati pematang sawah sampailah kita ke bawah lembah di depan air terjun.

Curug Cikurutug ini lumayan tinggi namun keunikannya adalah ukuran lebarnya. Dengan lebar sungai, curug ini jatuh menyerupai tirai. Debitnya sangat besar meskipun sudah musim kemarau apalagi kalau kita datang di musim hujan pastilah sangat spektakuler. Hanya saja, airnya tidak sejernih air curug yang ada di gunung-gunung karena curug ini berada sudah jauh di aliran sungai melewati persawahan dan kampung. Sungai ini juga menjadi batas persawahan. Buat kalian yang suka berburu curug, curug ini wajib kalian kunjungi kalau ke Jampang Tengah karena sangat fotogenik dan ngadem.

Curug Cikurutug dari dekat
Curug Cikurutug dari dekat
Curug Cikurutug dari dekat

 Info:

Nama                                      : Curug Cikurutug

Alamat:                                   : Desa Nangerang-Jampang Tengah-Sukabumi

Biaya                                       : HTM - . Parkir Rp. 5.000/motor

Kata kunci Google Maps        : Air Terjun Cikurutug

Baca juga link terkait:

- Curug Banteng

- Curug Cirajeg

- Curug Pareang dan Curug Cikopi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curug Cikaracak: Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Gede Pangrango

Merasakan Sejuknya Curug Cibeureum, Curug Cicandra dan Kebun Teh Cianten

Ngadem Sebentar di Curug Pasir Reungit dan Hutan Pinus Salak Endah