Eksplor Sukabumi dan Cianjur Selatan Bagian 5: Pantai Karang Gantung

 

Pantai Karang Gantung

Masih di hari Rabu, 8 Juli 2020, dari Curug Banteng kami menuju Pantai Karang Gantung yang berjarak sekitar 28km dari Curug Banteng. Jarak ini secara teori di Maps bisa ditempuh dalam waktu seitar 1 jam namun agak sedikit tersendat ketika akan masuk ke area pantai. dari Jampang Kulon kami balik lagi ke arah datang namun di pertigaan kami ambil kanan ke arah Ujung Genteng. Kalau dari sini maka Pantai Karang Gantung ada di sebelah kiri namun jika kalian dari Ujung Genteng maka pantai ini ada di sebelah kanan.

Lokasi pantai ini sangat gampang ditemui, selain mengikuti Maps, kita juga bisa melihat papan petunjuk arah yang ada di pinggir jalan. Selain itu patokan lain adalah kompleks TNI (kalau tidak salah Angkatan Udara). Nah di samping gerbang komplek TNI ini ada jalan tanah ke arah kiri (ada warung di samping pintu masuk ini). Nah di sinilah tantangannya karena jalannya jalan tanah yang licin dan tidak dikelola pmerintah. Mungkin karena kawasan ini milik TNI bukan Pemda dan sebenarnya bukan lokasi wisata. Memasuki kawasan berupa hutan dan kebon yang lumayan rapat pepohonannya menjadikan jalan masuknya basah dan susah kering. Nah di sini motornya Revan terperangkap di dalam lumpur dan susah payah mengeluarkannya, sementara Jay mengambil jalan pintas memasuki kebon. Jadi kalau pas hujan sebaiknya batalkan niat kalian untuk ke pantai ini.  Keluar dari lumpur kami istirahat di sebuah warung. Di warung ini kami istirahat sebentar, ngemil, ngobrol dengan pemilik warung dan  bapak anggota TNI yang sedang berpakaian preman. Tidak lupa kami juga bungkus makanan buat makan siang, jadi buat kalian yang berniat ke sini jangan lupa bawa bekal karena tidak ada yang berjualan di area pantai.

Kondisi jalan akses ke pantai
Kondisi jalan akses ke pantai

Dari warung terakhir ini kondisi jalan sudah agak lumayan meskipun masih tanah tapi tidak sejelek sebelumnya. Tidak beberapa jauh kami akhirnya sampai di Pantai Karang Gantung, pantai yang di Maps tertulis Pantai Karang Gantungan padahal di papan petunjuk arah di pintu masuk tertulis Pantai Karang Gantung. Berbeda dengan kondisi sebelumnya, di area pantai di dominasi oleh rumput Jepang yang biasa kita temui di taman-taman. Tidak terlihat pohon-pohon besar, namun banyak terdapat pohon pandan laut yang bisa dijadikan tempat berteduh. Terlihat beberapa rumah yang dihuni beberapa keluarga yang berprofesi sebagai pembuat gula kelapa (gula are).

Pantainya sangat spektakuler, tipikal pantai-pantai di bagian Selatan Jawa yaitu berupa tebing, berkarang dan berombak sangat besar. Yang menjadi daya tarik pantai ini adalah adanya pulau karang kecil yang berjarak beberapa ratus meter dari pantai, menyerupai Tanah Lot di Bali, gak salah kalau ada yang menyebut pantai ini sebagai Tanah Lot nya Sukabumi. Namun kalo boleh jujur dibanding Tanah Lot saya lebih memilih pantai ini.

Pantai yang sedang tenang
Icon-nya Pantai Karang Gantung
Icon-nya Pantai Karang Gantung

Pantai Karang Gantung ini mempunyai pasir putih yang terlihat ketika ombak menjauhi bbir pantai. hanya saja pas kami ke sini ombaknya besar, sesekali menerjang hingga ke tebing yang ada di sepanjang garis pantai. namun kalau lagi surut (seperti foto-foto yang banyak beredar di sosmed), pengunjung bisa bebas bermain di pantai dan karang-karang di sekitar Karang Gantung akan terlihat jelas. Dan sunset adalah waktu yang sangat sempurna buat menyaksikan keindahan pantai ini. Jikapun tak bisa turun, berfoto di anak-anak tangga sudah cukup bagus kok..!!.

Sisi lain Pantai Karang Gantung

Bergeser ke arah tengah, kami berada di pinggi tebing karang, yang dibawahnya langsung laut dengan ombak yang sangat besar. Hempasan ombak yang menerjang dinding tebing membuat keindahan dan sensasi tersendiri. Di sini kami menikmati makan siang yang tadi dibungkus. Kami menyuruh anak kecil (anak pembuat gula aren) untuk membeli kelapa muda, dan kami mendapatkan sekitar 6 biji dengan harga yang sangat-sangat murah. Siang ini kami menikmati makan siang seadanya, di pinggir pantai dengan pemandangan laut lepas, di bawah pepohonan pandan, nikmat apalagi yang kau dustakan..?. Sesudah makan siang, saatnya berleha-leha, berfoto-foto dan hammock-an.

Sisi lain Pantai Karang Gantung
Sisi lain Pantai Karang Gantung
Leyeh-leyeh habis makan siang

Di sisi pantai paling kanan menyerupai teluk kecil dengan ombak yang lebih kecil dan garis pantai yang tidak terlalu panjang. Di sini terlihat beberapa pengunjung bermain di pantai. tapi butuh sedikit usaha untuk ke area ini. dan kamipun berencana suatu saat akan balik lagi ke sini untuk berkemah, tentunya sambil menikmati sunset dan sunrise.....!

Curug Banteng

Info:

Nama                                      : Pantai Karang Gantung

Alamat:                                   : Jl. Raya Ujung Genteng-Surade-Ds. Pasir Ipis-Surade-kb.

                                                  Sukabumi

Biaya                                       : HTM / Parkir: -

Kata kunci Google Maps        : Pantai Karang Gantungan

Baca juga link terkait:

- Curug Banteng

- Curug Cirajeg

- Curug Cikurutug

- Curug Pareang dan Curug Cikopi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curug Cikaracak: Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Gede Pangrango

Merasakan Sejuknya Curug Cibeureum, Curug Cicandra dan Kebun Teh Cianten

Ngadem Sebentar di Curug Pasir Reungit dan Hutan Pinus Salak Endah