Jelajah Majalengka Bagian 1: Terasering Panyaweuyan

Mengisi liburan panjang 22-25 Desember 2018 saya, masih ditemani Revan, Noey dan Sugi memutuskan 3 hari menjelajah Majalengka dan sehari ke Lembang. Awalnya ada beberapa opsi, yang awalnya ke Curug Putri di Carita dan dilanjutkan ke Sawarna, tapi entah mengapa rencana ini terlupakan, dan Alhamdulillah tidak jadi karena hari Sabtunya terjadi Tsunami. Opsi selanjutnya yanitu ke Ujung Genteng via Ciletuh touting dengan motor, namun karena pesertanya hanya 4 orang kamipun memutuskan ke Majalengka menggunakan mobil.

Sabtu, 22  Desember kami berangkat sekitar jam 5.30 pagi melewat jalur Puncak. Mengandalkan Maps, awalnya berjalan mulus hingga Cianjur tapi entah kenapa Google mengarahkan melewati Waduk Cirata. Tadinnya saya pikir melewati jalan pintas yang seharusnya jalan terus ke arah Padalarang. Memasuki jalan tol, di pertigaan ke Padalarang dan Bandung malah salah masuk tol dan keluar di Pasteur. Putar balik lagi masuk tol, kemudian baru masuk tol Cikopo ke arah Cirebon dan sempat beristirahat di KM97 untuk makan siang. Yang seharusnya sampai di Majalengka sekitar jam 10 malah sampai sekitar jam 2 siang.
Waduk Cirata di kejauhan
 Janjian ketemu dengan Ade, guide yang akan menemani kami selama di Majalengka. Pertama-tama adalah mengambil 2 motor yang sudah booking sebelumnya dan kemudian mencari penginapan. Kami mendapatkan penginapan dengan harga Rp. 200.000/malam. Penginapan yang lumayan tua dan agak kurang terawat tapi lumayan untuk sekedar menginap.

Karena sudah menjelang sore, dan tidak mungkin untuk mencari curug, kami memutuskan ke Terasering Panyaweuyan di Argapura. Jarak dari penginapan ke Argapura sekitar 1 jam perjalanan menggunakan motor. Dan motor adalah kendaraan yang direkomendasikan untuk ke spot ini.

Untuk ke Argapura sangatlah mudah karena ini adalah spot andalan Majalengka. Melewati jalan raya Maja nanti akan terlihat jelas petunjuk arah ke Argapura. Dari petunjuk arah, belok ke kiri ke jalan desa. Hanya saja jalan desa ini lumayan jelek apalagi mendekati terasering. Jalan kecil dengan kondisi menanjak, sehingga saya merekomendasikan untuk menggunakan motor ke sini.
Kondisi jalan di kawasan Argapura
Begitu memasuki wilayah terasering, terlihat pemandangan yang begitu mengagumkan. Sejauh mata memandang terlihat kebun bawang menutupi perbukitan yang berlapis-lapis. meskipun cuaca berkabut, malah menambah kecantikan kawasan ini.
Salah satu sudut Terasering Panyaweuyan
Terasering di kala kabut
Menyusuri pinggang bukit, berkelok-kelok mengikuti kontur tanah kami memarkir motor di satu salah satu spot foto. Spot yang kami tuju adalah bukit yang membentuk seperti bukit Teletubbies. Menuruni bukit yang lumayan licin, kami meyusuri pematang berupa tanah merah. Dengan hiasan kabut membuat area ini cantik sekaligus misterius.
Selain memudahkan penanaman bawang, tersering juga dibuat agar tanah pertanian tidak longsor. Lereng-lereng bukit itu terkadang terlihat ekstrim dengan kemiringannya. Sehingga terkadang selain terlihat cantik juga terlihat ‘serem’ dan berbahaya.
Salah satu sudut Terasering Panyaweuyan
Revan di salah satu sudut Terasering Panyaweuyan
Ini saya !!! :D
Noey di salah satu sudut Terasering Panyaweuyan
Sugi di salah satu sudut Terasering Panyaweuyan
Revan di salah satu sudut Terasering Panyaweuyan
Matahari beranjak tenggelam. Dan kami pun pindah area untuk menikmti sunset. Matahari yang tenggelam di ufuk barat memberikan cahaya kemerahan. Dan pemandangan tambah cantik karena awan dan kabut yang berada di bawah seolah-olah kita berada di negeri di atas awan.
Dan seiring dengan tenggelamnya matahari kami pun meninggalkan Terasering Panyaweuyan, Argapura...