Merasakan Sejuknya Curug Cibeureum, Curug Cicandra dan Kebun Teh Cianten

Sabtu, 30 Juni 2018.
Curug Cibeureum
Hunting curug kali ini adalah Curug Cibeureum, curug yang masih relative baru dibuka untuk umum. Untuk ke curug ini sangat gampang sekali, cukup berkendara baik motor atau mobil menuju ke arah Puraseda-Leuwiliang tembus Cianten. Dan gerbang ke curug ini persis berada di inggir jalan utama.
Karena rute yang akan kami tempuh lumayan jauh (meski sama-sama di Bogor), saya dan Revan berangkat sekitar jam 7.30 pagi. Cuaca lumayan cerah meski agak berawan. Seperti biasa jalanan Dramaga macet, karena pakai motor, kami harus nyelip ke kanan untuk menembus kemacetan. Lepas Dramaga, kemudian lancar dan kembali macet mendekati pertigaan Cibatok kemudian pertigaan Cemplang. Dari pertigaan Cemplang, di sini sudah mulai sepi. Jarang dari pertigaan ke gerbang Curug Cibeureum hampir 20km.
Melewati Desa Puraseda dan kampung Cisalak imana terlihat view yang sangat menggoda untuk berhenti tapi kemi terus lanjut hingga memasuki Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Di sini suasana hutan sangat terasa dimana kita dikelilingi pohon-pohon besar dan suasanya yang nyaman dan asri. Hingga kami sampai di gerbang Curug Cibeureum. Untuk motor biasa parkir di dalam kalau mobil parkir dibagian luar. Nah, perlu dicatat, wilayah Curug ini masuk Desa Cibunian kecamatan Pamijahan, meski tidak jauh dari wilayah ini (Puraseda) masuk kecamatan Leuwiliang dan beberapa ratus meter menuju Kebun Teh Cianten juga masuk kecamatan Leuwiliang.
Desa Puraseda
Kampung Cisalak
Suasana Taman Nasional
Setelah membayar tarif masuk Rp. 10.000/orang dan parkir motor Rp. 10.000, kemudain kami menuju ke area spot foto. Di area ini tersedia beberapa rumah pohon, saung dll. Tidak ada lagi biaya untuk berfoto di area ini, karena sudah masuk semua/all in hehehe. Jadi silahkan berpuas-puas berfoto disini dengan latar perbukitan dan lembah yang menghijau.
Lokasi gerbang yang ada di pinggir jalan utama
Spot foto di wana wisata
Karena masih pagi dan belum ada pengunjung selain kami, untuk ke curug kami menunggu petugas membukakan pintu. Untuk menuju curug sudah di siapkan jalan setapak. Meski jalannya cuman sekitar 300m dan biasa jalan santai tapi akan cukup menguras tenaga ketika balik hehehe. Siapkan bekal cemilan dan minuman karena di bawah tidak ada yang menjual makanan.
Jalan turun
Setelah berjalan sekitar 30 menit kami sampai di curug, terlihat beberapa petugas sedang merapihkan dan memperindah area curug. Tersedia beberapa saung sehingga pengunjung biasa beristirahat. Terlihat 3 tingkatan curug yang berjarak tidak terlalu berjauhan. Tinggi curug tidak lebih dari 5 meter, istimewanya curug-curug ini mengalirkan air yang sangat jernih dan dingin karena berasal dari mata-mata air di Gunung Salak. Juga, karena berada di lembah dan dinaungi pepohonan sehingga suasananya sangat adem dan cocok untuk bermalas-malasan.
Pertama-tama kami menuju Curug 1. Melewati jembatan bambu kecil yang disediakan untuk menyeberangi sungai berbatu yang tidak begitu dalam. Curug ini tingginya sekitar 5m, karena kolamnya dalam maka hanya diperbolehkan untuk orang dewasa. Lokasi Curug 1 ini cocok buat bersantai bersama teman-teman dan keluarga. Untuk anak-anak bisa berenang dialiran sungainya yang dalamnya hanya sebetis.
Curug 1
Curug 2, yang berada begitu kita turun jalur trekking, agak lebar dibanding 2 curug lain melewati tebing sekitar 90 derajat. Air kolamnya terlihat tidak begitu dalam dan anak-anak bisa berenang dikolamnya asal dijaga.
Curug 2
Curug 3 mempunyai kolam yang dalam dan diperuntukkan buat orang dewasa. Untuk turun ke bawah, kita melewati tebing batu dan harus hati-hati ketika turun. Curug 3 ini menurut saya adalah yang paling indah diantara ketiga curug yang ada. Di aliran sungainya terdapat kolam-kolam yang tidak begitu dalam sehingga anak-anak bisa bebas berenang.
Curug3
Curug 3
Meskipun wana wisata curug ini enak buat dikunjungi bersama teman-teman atau keluarga tapi terlihat sangat sepi. Selama di curug, kami hanya melihat 1 orang tamu yang datang kemudian. Mungkin masih banyak masyarakat yang belum mengetahui ataupun kurangnya promosi.
Kembali ke atas, berbeda dengan lokasi curug, di spot foto lebih banyak pengunjung. Ada yang cuman selfie ataupun hanya duduk-duduk menikmati pemandangan. Terlihat juga satu rombongan besar sedang memasak dan sebagian lagi memesan makanan dari warung-warung yang berada di depan pos.
====================
Lokasi: Curug Cibereum
Alamat: Desa Cibunian-kecamatan Pamijahan
             Kabupaten Bogor
Biaya: Rp. 10.000/orang dan Rp. 10.000 parkir motor

Curug Cicandra dan Kebun Teh Cianten
Dari pos Curug Cibeureum, sekitar 500 meter didepan kami memasuki Kawasan PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) VII Cianten. Dan wilayah Cianten adalah bagian dari kecamatan Leuwiliang. Dan mulai dari sini juga, jalanan yang tadinya beraspal sekarang menjadi beton. Dari sini sekitar 7km kita akan masuk wilayah Sukabumi. Jadi jika kalian mau ke Sukabumi menggunakan bus, sudah ada bus Damri dengan rute Leuwiliang-Sukabumi.
Melewati perkebunan teh dengan sedikit rumah-rumah yang berada dikiri kanan dan kondisi jalan mulus membuat adalah perjalanan yang sangat mengasikkan. Tapi jangan lengah ketika melihat kiri kanan karena keselamatan adalah nomor satu.
Sampai di gerbang/portal yang dibuka oleh Satpam, kami langsung bertemu pertigaan. Jika lurus ke Sukabumi, ke kanan terlihat plang menuju lokasi wisata Bakukung dan Curug Cicandra. Awalnya kami belum tahu sama sekali mengenai keberadaan Curug Cicandra. Kami memutuskan mengunjungi Curug Cicandra dan Bakukung.
Portal perkebunan teh, ambil kanan
Kira-kira 200m memasuki kawasan perkebunan kami menemukan pertigaan lagi, ke kanan sekitar 100m ke Bakukung dan kiri ke Curug Cicandra (tidak ada petunjuk jarak ke curug). Kami memutuskan pertama kali ke Curug Cicandra berharap lokasinya tidak terlalu jauh. Karena memasuki kawasan perkebunan, maka kondisi jalannya tidaklah bagus, berbatu dan kadang-kadang berlobang.
Arah kiri ke Curug dan kanan ke Bakukung
Di lura perkiraan, ternyata lokasi curug lumayan jauh, mungkin sekitar 5-6km. Untung saja pemandangan sepanjang perjalanan cukup menghibur walaupun disuguhi oleh perkebunan teh dan sedikit kampung pekerja pemetik teh. Sampai akhirnya kami menemukan plang curug yang mengarah ke kiri. Di sini merupakan akhir dari perkebunan teh. Jalannya sudah berupa tanah merah dan licin, dan ketika akan menurun, motor kami jatuh karena slip.
Jauh dengan gaya bersahaja
Curug ke kanan (foto pulang dari curug)
Sesudah turunan terlihat persawahan kiri kanan. Kami parkir motor di pinggir kebun dan mulai trekking. Trekking melewati pohon teh yang tingginya hingga 5 meter dan dipanen untuk mendapatkan kayunya yang kuat dan lentur. Setelah mendapat info dari bapak yang sedang menebang pohon teh kami melanjutkan perjalanan dan keluar dari kebun sudah terlihat lokasi parkir curug tapi tidak ada penjaga.
Melewati pepohonan teh
Melewati gerbang kayu yang tidak terkunci, kami trekking skitar 200m dan akhirnya sampai di lokasi curug. Terlihat saung dan musholla tapi tidak ada pengunjung satupun. Juga terlihat kolam renang yang dibuat dengan membendung aliran curug. Dari kolam sudah terlihat curug aliran bawah yang tersembunyi di balik bebatuan. Untuk mendekati curug utama kita harus memanjat tebing dari sebelah kiri.
Suasana di area curug
Curug Cicandra aliran bawah
Sampai di depan curug baru terlihat dengan jelas keindahan curug ini. Curug ini tingginya sekitar 8m, airnya sangat dingin dan jernih karena langsung dari pegunungan. Tidak adalagi akses ke atas untuk melihat aliran sungainya karena berupa tebing. Harus hati-hati mengambil foto curug ini dari depan karena ruang yang tidak terlalu luas karena di depannya sudah tebing.
Aliran curug view atas
Curug Cicandra dari samping
Curug utama
Gerimis. Beristirahat sebentar di saung dan melanjutkan perjalanan di tengah gerimis. Sampai dipertigaan, kami bermaksud ke Bakukung dan akhirnya baal karena melihat kondisi cuaca. Gerimis pun menjadi hujan disepanjang perjalanan.
Pulangnya jatuh lagi
Kehujanan di perjalanan
 Beikut foto-foto di area perkebunan teh:

=================
Lokasi: Curug Cicandra dan Perkebunan Teh Cianten
Alamat: Kampung Cianten, Desa Purasari
             Kecamatan Leuwiliang-kabupaten Bogor
Biaya: - (tidak ada penjaga)