Jepara: My Transit City !!!

Awalnya trip kali ini tujuan saya adalah ke Karimun Jawa. Karena pelabuhan untuk menuju ke sana di Jepara (Pelabuhan Kartini) maka mau tidak mau saya harus transit di kota ini.
Tadinya saya mau bareng sama teman satu kantor ke sana, tapi berhubung jadwal cuti yang berbeda maka dia berangkat duluan.
Bulan Mei 2014, tepatnya di akhir bulan ada 3 hari kejepit nasional, senen, rabu dan jumat, jadi dengan mengambil cuti 3 hari maka dapet satu minggu libur.
Awalnya saya mengira bahwa hari minggu ada kapal ke Karimun Jawa, eh ternyata adanya Senen (tepatnya Sabtu, Senen, Rabu), ya udah karena sudah beli tiket pesawat buat Sabtu jadinya saya harus menginap di Jepara 1 hari, 2 malam.
Naik pesawat, kita mendarat di Semarang, Bandara Ahmad Yani.
Dari bandara menuju Terminal Terboyo menggunakan Taksi (di sini kayaknya gak ada Bus Damri), dengan membayar 70 ribu rupiah.
Dari taksi, kita di turunkan di luar terminal (terminalnya jauh masuk ke dalam), dan kita menunggu bis di pinggir jalan.
Tadinya saya pikir bisnya bis besar seperti ke Bandung, ternyata bis 3/4 seperti Kopaja di Jakarta :D.
Alhamdulillah saya dapat tempat duduk, dan tas saya taruh disela-sela bangku dan pintu. Ongkosnya 13 ribu rupiah dan waktu tempuh sekitar 3 jam.....
Jangan membayangkan nyaman di bus ini, bus nya benar-benar mirip Kopaja, desak-desakkan dan ngebut tentunya :D.
Oh ya..... katanya bis ini terakhir jam 4-5 sore loh, jadi kalo mau berangkat pakai bis harus di atur schedule nya....
Perjalanan menuju Jepara melewati desa-desa dengan hamparan sawah kiri dan kanan, di selingi jalanan rusak.... but nikmati saja perjalanannya :D.
Memasuki Jepara, tercium bau vernis cat meubel....perkebunan jati dan gallery yang menjual aneka meubel handmade... yang pasti sudah pada tahu kualitas meubel Jepara yang terkenal se Indonesia dan Mancanegara....
Ssampai di Jepara sudah hampir malam, dan sebelum teriminal saya turun bus dan naek becak menuju Pantai Kartini, ongkos becak sekitar 15 ribu.
Penginapan saya sudah di booking duluan oleh temen, dapat yang 90 ribu per malam, dengan kipas plus nyamuk (jangan lupa pake autan kalo keluyuran di sini) :D.

Kura-Kura Ocean Park, icon Pantai Kartini
Sunset di pantai Kartini
Hari minggu saya isi perjalan ke Pulau Panjang, sekitar 15 menit dari Pantai Kartini deangan menggunakan sampan bermesin, ongkos 10 rb pp. Sebuah pulau kecil dengan hamparan pasir putih, dan hutan yang masih dijaga kelestariannya.
Pulau Panjang
Pulang ke Pantai Kartini saya salah naek kapal, eh mlipir ke Pantai Bandengan, kira-kira 30 menit dari Pulau panjang. pantai ini lebih bersih dibanding Pantai Kartini dan lebih ramai.
karena sudah lapar, saya makan dulu di sini dan melanjutkan ke pantai Kartini via Pulau Panjang dan membayar lagi 15 rb.

Malam hari dapat kabar dari temen yang sudah di Pulau Karimun, ternyata ombak gede dan gak ada kapal hari minggu ke Kartini jadi hari minggu gak ada kapal yang menuju Karimun Jawa.

Jadi malam itu saya memutuskan untuk ke Jogjakarta, kira-kira 6 jam jalan darat.........