Explore Sentul: Curug Tonjong, Curug Panondari dan Leuwi Herang


Memang kalau membicarakan mengenai curug, Sentul seakan tiada habisnya. Masih di kawasan Bogor, dan kebetulan deket dengan rumah (sekitar 25 km) jadi lokasi ini jadi lokasi favorit saya untk menghabiskan waktu weekend. Baik cuman sekedar bersantai atau hunting foto.
Buat yang sudah pernah melewati jalan desa menuju Leuwi Hejo atau Curug Putri Kencana yang memang sudah hits, pastilah tahu lokasi curug-curug tersebut karena di sebelah kanan terlihat jelas spanduk yang di gantung oleh warga. Jadi lokasinya sebelum Curug Putri Kencana (berjarak lebih kurang 1-2km). Cek blog berikut untuk ke Curug Putri Kencana dan menuju Leuwi Hejo.
Kebetulan kemaren hari minggu lagi gak ada kerjaan, kebetulan lagi puasa, daripada tidur di rumah mendingan jalan-jalan.
Dari rumah berangkat jam 10 pagi, kebetulan jalanan lagi sepi. Memasuki desa Karang Tengah dan setelah melihat spanduk Curug Tonjong saya ambil jalan ke kanan. Meski diluar kelihatan sepi, ternyata masuk ke dalam lumayan banyak rumah penduduk.
Jalannya lumayan kecil, dibeberapa lokasi cuman cukup untuk 1 mobil. Kadang-kadang membelah perkampungan warga dengan jalanan berbatu dan kadang-kadang terjal dengan pemandangan lembah di sebelah kiri kanan.
Sekitar 1 km dari pinggir jalan kita akan menemukan spanduk lagi. Di sini saya agak lewat dikit dan akhirnya parkir di rumah penduduk.
Di gerbang depan saya langsung di sambut dua gadis cilik yang mau mengantar ke lokasi curug. Perjalanannya tidak terlalu jauh, palingan 100-200m melewati kebun dan persawahan. Di tengah perjalanan kita akan menemukan pos jaga, tapi hari itu tidak ada yang jaga, jadi gak bayar karcis masuk. Oh iya view disini cukup cantik, karena dikelilingi perbukitan.....

Pos jaga yang gak ada yang jaga
Ah iya karena sungainya merupakan aliran dari sungai yg sama dengan Curug Hordeng ataupun Leuwi Hejo, jadi airnya gak sebening di atas/hulu sana.
Pertama-tama kita akan menemukan Curug Tonjong, curug ini airnya cukup deras, dan dikelilingi batu besar, jadi kalo mau mendekat kita harus naik batu dulu. Di bawahnya ada leuwi/kolam yang tidak terlalu dalam.
Curug Tonjong
Curug Tonjong
Kira-kira 100m di atas kita akan menemukan Curug Panondari. Curug ini membelah bebatuan panjang sampai akhirnya jatuh di kolam. Kolamnya tidak terlalu dalam juga. Bebatuannya sangat bagus sekali.
Curug Panondari
Curug Panondari
Terakhir tiak beberapa jauh dari sana kita akan menemukan Leuwi Herang, curug kecil yang jatuh kekolam besar/leuwi. Airnya berwarna hijau kecoklatan. Di bibir kolam oleh masyarakat dibuatkan dam kecil mungkin maksudnya biar jangan longsor kali ya....

Leuwi Herang
Aliran sungai di Leuwi Herang
Aliran sungai di Leuwi Herang
Oh iya, untuk mengingatkan, supaya hati-hati menyusuri sungainya, karena bebatuannya licin (sekali saya sempat jatuh hehehehe).

Aliran sungai menuju Curug Panondari
Cukup sudah kunjungan kali ini, lumayan dapat beberapa foto. Sebenarnya kalau ditelusuri terus ke atas mungkin kita akan mendapati curug-curug lain.....

Komentar

Postingan Populer