Postingan

Menampilkan postingan dari April, 2020

"Tour de Java" Bagian 33: Mengunjungi Curug Sibedil-Pemalang

Gambar
4 Pebruari 2020 Hari ke-27 ‘Tour de Java’ Seperti yang saya ceritakan di postingan sebelumnya, karena harus kembali ke Bogor, kami membatalkan perjalanan dengan rute Selatan dan mengambil jalur tengah dan lanjut lagi ke Utara. Dari Baturaden, tujuan terakhir adalah menginap semalam di Cirebon sebelum ke Bogor. Dalam perjalanan ke Cirebon kami mampir di Curug Sibedil-Pemalang dan Pemandian Air Panas Guci-Tegal. Berangkat sekitar jam 7 pagi, dengan udara yang masih segar dan bisa hamparan sawah dan Gunung Slamet di kejauhan. Pemandangan dengan latar Gunung Slamet Curug Sibedil Dari penginapan di Purwokerto ke lokasi curug ini sekitar 1.5 jam perjalanan. Lokasi curug ini tidak terlalu susah, tidak perlu bertanya-tanya, cukup mengandalkan Maps saja. Dan kebetulan jarak Curug Sibedil ke Pemandian Air Panas Guci sudah dekat, sekitar 30 menit perjalanan. Jadi kebetulan sekali, bisa menghabiskan waktu seharian sebelum ke Cirebon. Dai jarlan raya ke lokasi parkiran curug ja

"Tour de Java" Bagian 32: Mengunjungi Green Stone Waterfall dan Grojogan Ratu-Baturaden

Masih di 3 Pebruari 2020 Hari ke-26 ‘Tour de Java’ Dari Curug Gomblang kami menuju ke arah Desa Karangsalam dimana ada objek wisata Green Stone Waterfall dan Grojogan Ratu. Sebenarnya kami sudah pernah ke desa ini mengunjungi Curug Telu, Sendang Bidadari dan Curug Moprok jadi jalan ke arah sini sudah tidak asing lagi. Juga kalau ke Telaga Sunyi pastilah juga melewati area ini.   Green Stone Waterfall Jalan masuk ke Green Stone dan Grojogan Ratu sangat mudah. Dari jalan raya terlihat 2 spanduk besar yang menggambarkan kedua air terjun ini. Atau patokannya Queen Garden Hotel karena dari pagar hotel ini ambil jalan ke kanan (depan pos), memang jalannya agak tersembunyi, gak kelihatan dari jalan raya. Dari hotel ini kita masuk lebih kurang 1 km. di sebelah kiri terlihat Grojogan Ratu persis dipiggir jalan sementara Green Stone berada di seberangnya. Setelah parkir di area rerumputan yang lumayan luas kemudian naik tangga hingga ke loket masuk. harga karcis masuk Rp. 10.00

"Tour de Java" Bagian 31: Mengunjungi Curug Bayan dan Curug Gomblang-Baturaden

Gambar
3 Pebruari 2020 Hari ke-26 ‘Tour de Java’ Selama 2 malam kami menginap di Purwokerto. Meskipun tujuan wisata kami di Baturaden namun kedua kota ini berbatasan, jadi untuk ke area Baturaden palingan sekitar 30 menit. Kali ini kami menyewa motor untuk 1 hari untuk berkeliling Baturaden dengan sewa Rp. 70.000/24 jam. Tujuan kali ini masih hunting air terjun yang dlu belum sempat kami kunjungi. Curug Bayan Curug ini berada di Desa Ketenger gak jauh dari perbatasan kota Purwokerto dan Baturaden. Kalau kita berkendara di jalan raya Baturaden ini nanti akan terlihat papan petunjuk arah ke Curug Jenggala , ikuti aja petunjuk arah ini. Kenapa Curug Jenggala? Karena Curug Bayan ini berada sebelum Curug Jenggala . Memasuki Desa Ketenger, pagi itu cuaca cerah tapi puncak Gunung Salmet tertutup awan tebal. Hanya beberapa kilo dari jalan raya nanti kita bertemu pertigaan persis di jembatan/sungai. Ke kanan adalah arah ke Curug Jenggala dan Curug Penganten yang dulu pernah kami ku