Postingan

Menampilkan postingan dari Januari, 2019

Jelajah Cianjur Selatan,Garut Selatan dan Bandung Selatan Bagian 4: Pantai Santolo

Gambar
Hari ketiga, 18 November 2018, pagi-pagi sekitar jam 6 pagi kami sudah berangkat dari Pantai Jayanti Cianjur menuju Pantai Santolo di Garut. Meskipun begitu, suasana sudah mulai ramai terutama di pasar pagi begitu keluar dari gerbang Pantai Jayanti. Kami menyempatkan diri membeli makanan kecil buat bekal sarapan di jalan. Kondisi jalanan sangat sepi, jarang sekali terlihat kendaraan lalu lalang. Kondisi jalan yang beraspal mulus ditambah lagi jalnnya lebar-lebar. Menyusuri   jalan sepanjang Pantai Selatan terlihat pemandangan berupa hutan, sawah, sedikit rumah, dan yang pasti laut lepas. Dan sepanjang jalan kami menemukan banyak jembatan dengan sungai-sungai yang bermuara ke laut Selatan. Suasana pagi Suasana pagi Kondisi jalan menuju Pantai Santolo Kondisi jalan menuju Pantai Santolo Perjalanan yang kami tempuh sekitar 1 jam. Sebelum mencapai Pantai Santolo, kami melewatkan Puncak Guha yang juga terkenal dengan view nya. Meskipun sampai Pantai Santolo sekitar

Jelajah Cianjur Selatan,Garut Selatan dan Bandung Selatan Bagian 3: Curug Tilu, Kebun Teh Rancabali dan Pantai Jayanti

Sekitar jam 9 pagi kami meninggalkan Wana Wisata Curug Citambur. Tujuan selanjutnya sebenarnya adalah Pantai Santolo di Garut. Karena takut kemalaman kami berencana menginap di Pantai Jayanti semalam dan besok paginya menuju Pantai Santolo. Dari gerbang Curug Citambur, kami mengambil jalur kiri ke arah Ciwidey. Kami melewati kondisi jalan yang tidak terlalu bagus dan tidak begitu lebar melewati perkampungan dengan view perbukitan. Memasuki perbatasan Rancabali-Bandung Barat jalanannya sedikit bagus. Di tebing bukit sebelah kiri terlihat air terjun yang lumayan besar, tapi tidak dikelola dan menurut kabar, karena masih ada perdebatan mengenai hak pengelolaannya karena berada diperbatasan Cianjur dan Bandung. Kondisi jalan ke arah Ciwidey View sepanjang perjalanan Tidak beberapa jauh dari curug yang kami lewatin tadi terlihat di kejauhan beberapa curug yang berdekatan. Awalnya kami tidak berniat mampir karena takut tidak ada akses. Melihat ada jalan kecil dan warung di

Jelajah Cianjur Selatan,Garut Selatan dan Bandung Selatan Bagian 2: Curug Citambur

Gambar
Masih di hari pertama trip Cianjur Selatan-Garut Selatan hingga Bandung Barat, dari Curug Cikondang dan Curug Terekel kami menuju Curug Citambur yang masih berada di Cianjur Selatan. Dari Curug Terekel sudah lepas Ashar, jadi ke Curug Citambur sudah agak sore ini karena sebenarnya tidak ada rencana awal ke Curug Terekel. Jarak harus kami tempuh sekitar 50km atau 2 jam lebih kalau dilihat di Maps, dan kenyataan dilapangan berbeda karena kondisi jalan yang jelek. Dari pertigaan dimana lurus/kanan menuju Pantai Jayanti dan kiri ke Curug Citambur dan tembus ke Bandung Barat (Ciwidey, Ranca Upas dan Situ Patenggang). Dari pertigaan ini kita melewati jalan yang jelek dan semi offroad sekitar 22km. Di tambah dengan kondisi yang mulai gelap dan penuh dengan tanjakan/turunan serta tikungan tajam membuat perjalanan lebih lambat dari perkiraan. Apalagi mobil yang kami pakai adalah mobil  city car dan ada di titik dimana penumpang harus turun hehehe. Kondisi jalan di salah satu ruas Ko